Jumat, Februari 21, 2014
Top 10 Aplikasi IPAD untuk Para Arsitek lansekap
H ari ini Ipad merupakan sebuah kelengkapan bagi seorang arsitek dan boleh dikatakan Ipad merupakan gabungan dari keseluruhan ‘tool’ yang biasanya ada di sebuah studio arsitek, mulai dari meja gambar, rak lemari arsip dokumen proyek,sample portfolio,kamera dll .

Tapi bagaimana kita dapat menemukan aplikasi ipad yang terbaik buat kita gunakan dari ratusan ribu aplikasi yang tersedia di app store?

Untuk menghemat waktu dan lebih mudah, saya sudah mengumpulkan beberapa aplikasi ipad yang saya sudah uji coba dan sangat berguna sekali untuk meningkatkan produktifitas dan kreatifitas sebab kita tidak dapat menduga kapan ide datang, dan aplikasi aplikasi dibawah ini cukup untuk corat coret ide ataupun konsep saat lagi ‘hang out’ bersama kolega dan tentu sebuah stylus merupakan kelengkapan dari semua itu.

 1.Tayasui sketches 


Aplikasi ini menyediakan peralatan gambar yang sangat akrab dengan kita sebagai arsitek lansekap . baik secara bentuk ' tool' maupun keragamannya.
Sketsa graphis adalah suatu hal yang paling menyenangkan bagi kita seorang arsitek dan pada saat bertemu klien ,kadangkala kita perlu membuat sketsa atau program proses rancangan dalam bentuk graphis secara cepat untuk menginformasikan keinginan klien dan maksud dari konsep perancangan yang sedang kita diskusikan.

Review : http://www.tayasui.com/tayasui/SketchesApp.html 
Harga ; gratis
Versi pro ; Rp 39,000
System ; iOS 6 or later.

 2.Morpholio / Morpholio trace 




Aplikasi ini memberikan suatu kemudahan dalam melakukan design awal pada sebuah tapak, karena dilengkapi dengan layer layer yang bertumpuk atau kita mengenalnya dengan sistim 'super-impose' yang dulu sering dilakukan pada saat melakukan analisa tapak dengan menumpukan kertas kalkir secara berlapis lapis diatas peta existing tapak.kini hal itu dapat dilakukan dengan mudahnya lembar lembar analisa topografi , hidrologi, vegetasi existing dll akan terpadu dalam satu sistem aplikasi.

Review: http://www.morpholioapps.com/trace/ 
Harga ; gratis
System ; iOS 5 or later

 3.Sketchbook (iOS) 

Aplikasi ini dirancang oleh Autodesk memberikan seorang arsitek lansekap kebebasan dalam membuat zonasi ruang ataupun schematic design,keunggulannya kita dapat mengimpor gambar peta yang tersimpan di galeri photo. Program ini memungkinkan kita menggunakan berlapis layer untuk membuat coretan konsep analisa tapak. Uji coba dengan memakai aplikasi ini sangat memuaskan dan berhasil membuat konsep sematik masterplan secara utuh.


Review: http://www.autodesk.com/products/sketchbook-pro/overview 
Harga ; gratis
Versi pro ; RP 49.000
system ; iOs 6.0 or later

 4.Sketch rolls 

Seorang arsitek lansekap tentu akan menyukai aplikasi graphis yang satu ini ,
kenapa ? 
karena lembar kertas yang disediakan memanjang dalam format ‘landscape’ demikian unik lembaran tersebut sehingga kita dapat melakukan coretan graphis secara berurutan tanpa harus beralih ke lembar yang lain sebanyak 5 lembar , sehingga untuk menggambar denah potongan dan sketsa bias dilakukan dalam satu lembar kertas. Latar belakang kertas disediakan kotak kotak bergaris , kertas kosong dan berjajar

Review   ; http://sketchrolls.com/ 
Harga      ; Gratis
Versi pro ; Rp 19.000
System    ; iOS 4.3 or later 

5.Penultimate 




Aplikasi penultimate dari evernote ini memberikan kita bagaikan memiliki sebuah buku catatan dengan keunggulan mata pena yang lebih tajam, halus dan lebih alami dan tentu saja menggunakan stylus. dengan berbagai macam kertas sebagai latar belakang mulai dari kertas kosong, kotak kotak maupun bergaris.

keunggulan lainnya kita bias mengimpor gambar /image dari galeri photo dan menempelkannya di lembar tersebut saya menggunakan aplikasi ini lebih sering untuk mengingatkan material pilihan dan image dari contoh detail konstruksi ataupun sumber inspirasi supaya tidak lupa dan terselip.

Review; http://evernote.com/penultimate/ 
Harga ; Gratis
System ; iOS 5.1 or later

 6.adobe ideas 


Aplikasi ini dapat mengimpor peta tapak dari gallery photo yang kemudian kita dapat membuat coretan coretan untuk analisa, konsep ataupun zonasi ruang hampir sama dengan aplikasi yang diatas, hanya kemudahan dalam menyimpan hasil sketsa atau rencana bisa dalam bentuk JPG atau PDF

Review   ;https://itunes.apple.com/us/app/adobe-ideas-vector-drawing/id364617858?mt=8 
Harga      ; Gratis
System    ; iOS 5.1 or later

 7.concept;smarter sketching 

Aplikasi ini memudahkan dalam setiap rencana pembuatan denah lansekap ataupun sketsa pada setiap proyek yang kalian tangani.
dengan mengimpor peta jpeg dari galeri foto, kita dapat langsung melakukan tindakan perencanaan.

Review; http://concepts.tophatch.com/
Harga ; free
Versi pro ; Rp 49.000
System ; iOS 5.0

 8.Autocad 360

Setiap arsitek pasti mengetahui program autocad dan untuk aplikasi ipad AutoCAD 360 dapat menjadi pilihan aplikasi demi aspek efisiensi, dapat digunakan menggambar dan merancang dan juga memungkinkan Anda untuk melihat, mengedit, dan berbagi gambar AutoCAD dimanapun dan kapanpun.
 Survey lapangan tidak perlu lagi membawa peta dalam bentuk lembaran kertas, cukup membawa ipad saja. aplikasi yang berguna , dapat berbagi gambar dengan orang lain di dekstop, web, dan perangkat mobile. 

Review   : http://www.autodesk.com/mobile-apps 
Harga     ; gratis
Versi pro: Rp 49.000
System   ; 6.0 or later

 9.Paper by fifty three  


Hampir sama dengan aplikasi yang lain, aplikasi ini sangat membantu untuk melakukan coretan ide awal dengan peralatan ‘tool’ yang terlihat dalam bentuk nyata sehingga memudahkan memilih alat gambar.
Aplikasi ini merupakan yang terbaik di tahun 2012. Perbedaanya adalah kalian tidak cukup sekedar membeli versi pronya saja, akan tetapi aplikasi ini menjual elemen penunjang lain secara terpisah untuk menunjang kelengkapannya.

Review; http://www.fiftythree.com/paper 
Harga   ; gratis
System ; iOS 6 or later

10. iDraw 

Aplikasi desain yang kuat berisikan fitur vektor dan aplikasi ilustrasi. Idraw menggunakan vector , teks,garis ,bentuk dan banyak fitu yang menarik.kemampuannya untuk mengubah garis pinsil secara ‘freehand’ kedalam garis jalur yang di edit.
 iDraw’s memiliki layer seperti photoshop lengkap dengan ‘opacity’ dan berbagai efek lainnya.

Review: http://www.indeeo.com/idraw/
Harga  :Rp 89.000
System : iOS 5.1.1 or later

Banyaknya pilihan aplikasi ipad akan membuat kalian bingung memilih mana yang terbaik dan bergunan untuk di pakai, alangkah baiknya jika kalian menggunakan dulu versi gratisnya, setelah cocok dan merasa bermanfaat maka barulah membeli versi pronya.

Memang banyak pilihan aplikasi ipad yang mungkin lebih baik , akan tetapi beberapa aplikasi diatas ini sering saya gunakan selama berpraktisi sebagai arsitek lansekap dan sangat bermanfaat untuk tetap berkarya. Sudah barang tentu aplikasi diatas lebih diutamakan untuk keperluan graphis masih banyak lagi aplikasi  ipad lain untuk keperluan lainnya.


Label:

 
posted by JOHN F.PAPILAYA at 23.33 | Permalink |


3 Comments:


At 09.12, Blogger ijoasri

Informasi yang menarik, saya ingin belajar menggambar di komputer, ada posting tentang inin nggak gan, dan numpang kopas
Landscaping And Modern Lifestyle

 

At 12.36, Blogger Unknown

Program design lanscaping jual yaa??

 

At 12.36, Blogger Unknown

Program design lanscaping jual yaa??

 

Posting Komentar

~ back home