Rabu, Januari 29, 2014
7 hal yang perlu di ketahui sebagai mahasiswa arsitek lansekap
S emua orang tahu bahwa kalian mengikuti kuliah di fakultas arsitektur lansekap , hari demi hari dan minggu demi minggu untuk meningkatkan tingkat kecerdasan dan pengetahuan , semua itu merupakan sebuah pengalaman intelektual yang berharga yang didapat dari dosen yang memiliki pengetahuan. Akan tetapi mungkin ada potongan potongan pengetahuan yang bernilai tidak didapatkan dalam kurikulum kuliah , berikut ada 7 ( tujuh ) hal yang perlu kalian ketahui untuk menjadi mahasiswa arsitektur lansekap yang sukses.

 1. Atur kesimbangan antara kegiatan Studi dengan kehidupan sosial Anda sendiri

Semua mahasiswa arsitektur lansekap tahu bagaimana kurikulum perkuliahan akan banyak menyita waktu dan membutuhkan konsentrasi untuk fokus pada setiap subjek mata kuliah, tapi meskipun itu merupakan beban kerja yang sangat tinggi, sangat penting juga untuk membagi waktu untuk kehidupan sosial kalian. Memang kadang untuk melupakan tugas kuliah dengan pergi keluar untuk bersenang senang pada malam minggu merupakan suatu hal yang berat, akan tetapi akan lebih efektif daripada waktu yang kalian habiskan didepan meja gambar tanpa melakukan sesuatu apapun. Tinggalkan meja gambar kalian dan buat diri kalian senang sejenak , beri waktu otak untuk beristirahat asal jangan berlebihan. Setelah itu kembali ke meja gambar lanjutkan tugas kalian dengan kondisi tidak lagi strees dan konsentrasi yang meningkat.

 2. Jika Anda dapat memikirkan sesuatu hal, gambarkanlah!

 Sebagai perancang menempatkan pinsil atau pena di atas kertas dan mem visualisasikan ide ide dengan cepat dan efektif merupakan hal yang sangat penting. Jika kalian tidak mahir dalam menggambar graphis secara ‘freehand’ selama di fakultas, mulailah untuk berlatih dan berlatih dan pasti suatu waktu akan berubah .yakinlah jika kalian memikirkan sesuatu objek pasti akan akan dapat menggambarnya secara ‘freehand’, Sketsa tidak harus bagus atau cantik akan tetapi sketsa merupakan ketrampilan mewakili ide ide diatas kertas.

  3. Ajukan pertanyaan bodoh

Mengajukan pertanyaan bodoh mungkin tampak seperti seseorang yang dungu, tapi tidak! Lupakan tentang bagaimana kalian mungkin merasa bodoh - jika kalian tidak memahami sesuatu, angkat tangan kalian dan tanyakan hal tersebut.Dan hampir 99% dari teman sekelas Anda akan mendesah lega karena mereka sebenarnya juga ingin bertanya-tanya hal yang sama, tapi terlalu malu untuk bertanya. Kalian harus tahu bahwa kalian sudah banyak mengeluarkan uang untuk dapat kuliah di fakultas arsitektur lansekap , jadi pastikan ketika kalian meninggalkan kelas hari ini kalian harus keluar dengan memiliki tingkat pengetahuan yang baru , jangan malu untuk bertanya hal hal yang bodoh.

  4. AutoCAD dan Photoshop tidak akan membuat Anda desainer yang berhasil 

Memang level tingkat kemampuan di AutoCAD dan Photoshop adalah sumber daya yang besar untuk dimiliki oleh setiap mahasiswa, dan sesuatu yang harus kalian kuasai untuk dapat maju didalam studi bidang arsitektur lansekap Namun, setelah mendapatkan dan menguasai kekuatan program software ini, mahasiswa sering menerapkannya terlalu dini dalam proses desain, menyebabkan ide kreatif yang inovatif sering keburu terbang dan hilang dari ingatan.Hal Ini berhubungan dengan aspek ke 2 dibawah daftar ini, Tetap Menggambar!

5. Pengalaman kantor dunia nyata 

Di fakultas ,dosen kalian jelas memiliki banyak pengetahuan dan itu penting untuk di pelajari dan di mengerti selama masa studi kalian, akan tetapi perlu sekali kali pada tahap tertentu kalian melihat implementasi pengetahuan tersebut dalam dunia nyata ke profesian. Perusahaan akan senang untuk menerima ketertarikan dan kehadiran kalian, dan akan membawa kalian kedalam dunia nyata bidang ilmu arsitektur lansekap apalagi kalian belum tentu mendapatkan gaji seperti halnya profesial yang lain. Kalian akan mendapatkan pengalaman dengan merasakan bagaimana rasanya bekerja dalam lingkungan profesional, mulailah sejak dari semester kuliah dengan tingkat pengetahuan yang memadai, dan menempatkan diri dalam posisi yang bagus untuk dipekerjakan sebagai lulusan. 

6. Mulai membikin network 

Mulailah untuk membuat network baik itu sesama mahasiswa, praktisi profesional , teman dari teman, atau orang-orang komunitas dalam workshop mengenai arsitektur lansekap ataupun seminar seminar, kalian juga harus memiliki banyak kenalan orang yang bergerak dalam bidang social kemanusiaan. Kalian tidak pernah tahu kapan kalian mungkin membutuhkan uluran tangan dari mereka, dengan memiliki jaringan pertemanan dan mengenal orang-orang di industri dan organisasi profesi mungkin akan berguna ketika kalian pergi mencari pengalaman kerja. Organisasi profesi sering diselenggarakan untuk bertemu profesional lokal dan disanalah kalian dapat membuat jaringan pertemanan baru.

7.SELALU ‘UP-DATE ‘ 

Harus tetap melihat perkembangan apa yang terjadi di dalam dunia arsitektur lansekap. Hal-hal seperti proyek proyek , berita, tren, penelitian, opini, atau topik mengenai lingkup arsitektur lansekap yang sedang menjadi perhatian . Dunia Arsitektur lansekap adalah industri yang terus berubah dan berkembang, dengan begitu banyak aspek menarik untuk tetap di eksplorasi dan berusaha selalu mendapatkan informasi mengenai hal tersebut . Terus tetap menjelajahi website seperti ini! 

Menjadi mahasiswa dapat menjadi sutau hal yang sangat menyenangkan, tapi kadang-kadang bisa tampak sulit. Tips tersebut dirancang untuk membuat hidup kalian sedikit jadi lebih mudah sepanjang semester. Memang, saya yakin ada banyak lagi hal yang lain akan tetapi semoga daftar ini akan bermanfaat. 

 (Disadur Dari Tulisan) 
Article written by Paul McAtomney. 

 Paul McAtomney is from Australia and has a diverse range of interests, leading him to write about a variety of topics which are all underlined by his consistent enthusiasm for design and learning, creating articles that not only inform us about a topic but explore them too.
 
posted by JOHN F.PAPILAYA at 00.06 | Permalink |


0 Comments: