Selasa, Oktober 18, 2016
RESOR ANTI HOTEL GAYA ADRIAN ZECHA ( Bag 3 )
Filosofi BISNIS 
 Secara keuangan, perusahaan ini cukup solid. Tahun 1999, penjualannya mencapai US$30 juta sari 400 kamrnya. Tahun 2000 naik mencapai sekitar US$50 juta. Sukses Zecha mengelola bisnis resor tak lepas dari filosopi bisnisnya, yakni menyajikan pengalaman yang tak terlupakan, santai, tanpa stress serta unik. Karena itu, Amanresort yang sejak awalnya dirancang sebagai “Rumah pribadi selama liburan” harus dirancang senyaman mungkin tanpa mengubah lingkungannya.

Zecha memang diuntungkan oleh pengalaman profesionalnya sebagai wartawan, punya relasi luas, plus seleranya yang unik. Semua ini menjadikan bisnisnya dicari dan di minati kalangan kelas atas dunia. 

Amaresort yang lebih mirip resor butik ini beberapa kali mendapat penghargaan internasional.
“ Zecha melihat ceruk pasar dan segera mengisinya.” Kata Andrew Harper, penerbit berita pariwisata, Andrew Harpers’s hideaway report.Amnresort, kata Andrew, mengenakan biaya yang kelewat mahal tapi disanalah terletak angka hunian resornya. Desain arsitekturnya terlihat alami dan menggunakan bahan bahan local. Seperti jembatan kayu diresornya di bali.

“Premis utama bisnis resor saya, anda harus bisa merasakan seolah-olah sedang diminta menjadi tamu dirumah desa saya untuk akhir pekan,” kata pria yang sejak 23 tahun silam tinggal d AS ini. 

AMAN JUNKIEST fans fanatik
Uniknya, rata –rata tamu Zecha. Mereka yang pernah kesana sebelumnya ( return guest). Bahkan, ada tamunya tergolong pecandu berat Amanresort. Mereka ini pengunjung tetap Aman disatu tempat, atau menggilir semua resornya diseluruh dunia.

”Jika Anda menginginkan pelayanan sekelas Club Med, Aman resort tak bernilai bagi anda.” Kata pengusaha keturunan Indonesia ini. 

Karena punya klub tamu yang fanatik, hampir dapat dipastikan, Amnresort tidak pernah beriklan disurat-kabar atau menerbitkan press release. Sejak awal, pemegang paspor belanda ini menyadari pentingnya iklan dari mulut ke mulut (Word of Mouth). plus jaringan temannya yang kebanyakan orang berkantung tebal diseluruh dunia. Sebelum membuka resor barunya, dia pasti mengundang koleganya untuk acara akhir pekan.

” The Aman sungguh fenomena anti hotel. Apa yang anda lihat disana, sesuatu yang Anda tidak inginkan sewaktu merancang hotel,” kata Georg Rafael, mantan rekan bisnis zecha., yang kini memgembangkan Rafel Chain. 

Andrian Zecha benar benar menangkap selera petualang sejati dunia : Kembali ke alam.

 
posted by John papilaya at 00.58 | Permalink |


0 Comments: