Selasa, Oktober 18, 2016
RESOR ANTI HOTEL GAYA ADRIAN ZECHA (Bag 2 )
A manResort merupakan resor pertama yang dibangun Zecha di Phuket, Thailand, 1998. Selanjutnya, AmanResort menjadi merek yang ditaruh didepan nama resornya diseluruh dunia. Kebanyakan resornya didahului dengan kata “ Aman”. 

Kini, setidaknya 12 resor yang beroperasional dimana Zecha sebagai salah-satu pemegang sahamnya (45%). Di perancis, Amnresort memeiliki hotel Lezelin, sedangkan di Prancis polinesia ada Hotel Bora bora. Di Indonesia, kebanyakan ber-operasional di Bali dengan nama Amandari, Amankila, AmanNusa, AmanWana di pulau mojo,sumbawa dan Amanjiwo di Jogjakarta. Di Meksiko, mereka memiliki Hotel Mahakua Hacienda de San Antonis. Di philipina ada Amanpulo, Amanpuri di Thailand dan Amangani di AS. Masih dalam persiapan, pendirian tiga resor lagi bernama Maharesort di India, Di Maharesort, zecha tampaknya bermain sendiri, dan menurut rencana kalau selesai akan di merger dengan Amanresort. 

Strategi Adrian Zecha 
Zecha amat meyakini setiap strateginya. namun, dia tidak pernah bombastis sebelum membuka resor baru. Dia sangat anti iklan dan publikasi berlebihan, yang menurutnya cenderung hiperbolis. Beberapa kawasan seperti mediteranian dan Karibia adalah sasaran berikutnya. Selain itu, Asia Selatan dan Tenggara tentu pula incarannya, terutama Indonesia. “ saya berkeinginan membesarkan perusahaan 2 dua kali lipat dalam 5-10 tahun kedepan” kata Zecha menjanjikan. 

Nama Adrian Zecha dan AmanResort bagai dua sisi mata uang yang tak terpisahkan, Ibarat Bill gates dengan Microsoft, Feeling bisnis Zecha juga tajam, termasuk memilih Lokasi baru Amanresort yang terbukti menjadi salah satu kunci sukses bisnisnya.

“Gampang sekali, karena banyak pecandu Aman diseluruh dunia, Mereka asset saya yang tak ternilai,” kata Zecha.

Mereka itulah, sambung mantan wartawan ini, yang merekomedasi lokasi-lokasi eksotis baru yang pas untuk resor ala Aman. Untuk membuktikan rekomendasi konsumennya, zecha terjun langsung ke lokasi. Dari sana kemudian dia mempertimbangkan biaya, ketersediaan barang dan segi keamanannya. Oleh karena itu, dia tidak gampang percaya kesan orang lain mengenai suatu lokasi.

 “ Lokasi itulah yang memberitahu saya, apa yang harus saya lakukan, bukan sebaliknya. Beberapa orang ( pengusaha) datang ke lokasi, mengubah dan merusaknya. Menurut saya, kalau anda menyukai lokasi, kenapa harus diubah bentuknya.”Tutur Zecha. 

Kiat AmanResort
Berbekal pengalamannya yang luas sebagai wartawan, Zecha paham gambaran umum desain resor. Memang, dia tidak terlibat langsung dalam perencanaan estetis dan elemen-elemen dasar resor. Yang penting dan menjadi pegangannya, desain resor harus sesuai dengan lokasi resort. Beberapa hal dasar lain adalah kesederhanaan, serta peka terhadap kultur setempat dan lingkungan.

” Kami selalu berinvestasi dan menampilkan sajian dengan cita-rasa tinggi,” ujar Zecha. 

Kendati dikelola manajemen yang sama, penampilan setiap resor sejauh mungkin unik dan istimewa. Boleh dikata, mereka punya kesamaan hanya dalam 1-2 hal – standar pelayanan. Perbedaanya, pengalaman para tamu yang menginap disana. Setiap tamu bisa saja merasakan sentuhan berbeda serta cerita beragam. Namun, yang pasti, itulah keunikan gaya hidup yang coba dipenuhi dengan sungguh sungguh oleh staf AmanResort diseluruh dunia. jangan heran kalau melihat pelayan resor menempelkan namanya di jidat. 

Harga Mahal tapi diminati 
Eksklusivitas Amnresort memang juga pada Harga. Karenanya, tak heranlah, tamu sekelas Prince Diana atau Robert Redford beta berminggu minggu tinggal disana, meski tarifnya mahal. Kendati dianggap mahal, manajemen mengganggap harga tersebut murah.

” Jika Produk anda Kategori produk missal, anda harus menjualnya pada level yang mampu di beli konsumen. Tapi, jika produk dalam jumlah terbatas, Anda tidak bias menciptakan uang kecuali dengan harga tinggi. Untuk itu, Tarif sebesar US$700 misalnya, untuk membayar layanan, perhatian dan ukuran ruangan. Dibanding yang ada dapatkan ditempat lain, kami jamin, kami member lebih banyak untu harga yang sama,” ungkap Zecha dengan gaya menjual.
 
posted by John papilaya at 00.45 | Permalink |


0 Comments: