Selasa, Desember 12, 2017
Kiat memilih Kontraktor Taman yang tepat.
Merancang sebuah taman pada sebuah ruang halaman di sebuah rumah bukanlah sesuatu hal yang sulit, akan tetapi hal tersebut bukanlah sesuatu hal yang mudah, seperti sebuah kalimat arif 

“Just because it’s simple doesn’t mean it’s easy“  

dapat disimpulkan pembangunan sebuah taman perlu kehadiran kontraktor taman yang memiliki kemampuan dan ketrampilan tidak hanya dapat menata halaman dengan komposisi dari berbagai jenis varietas tanaman lengkap dengan bunga indah beraroma, akan tetapi juga bisa menciptakan sebuah karya taman akan dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan disain yang diinginkan serta dapat memprediksi mudah atau sulit perawatannya, dan yang point terpenting mempunyai rasa tanggungjawab terhadap perkembangan dan pertumbuhan tanaman pada taman tersebut .

Sebuah taman adalah perpaduan yang harmonis antara elemen “softmaterial” dan “hardmaterial” , kelompok tanaman dalam taman yang hidup dan berkembang, mereka akan tumbuh besar, berbunga ,tua dan mati sehingga aspek perawatan sebuah taman setelah selesainya kegiatan pembangunan sebuah taman  perlu menjadi  prioritas  pertimbangan pada saat taman itu sedang dalam tahap perencanaan.

Faktor ini sering dilupakan para peminat taman atau sengaja terlupakan oleh para kontraktor taman sehingga pembangunan sebuah taman hanya akan terlihat indah pada saat mulanya saja, setelah beberapa bulan dan tahun, taman yang tadinya begitu indah dengan kolam air terjunnya akan terlihat tidak tertata dengan baik dikarenakan air kolam air mancur yang selalu berubah menjadi berwarna hijau dan sering bocor, beberapa tanaman ternyata tumbuh besar melebihi dari segi proporsi ideal tumbuhnya sehingga merusak komposisi yang semula cantik, beberapa tanaman ternyata kering daunnya dan cenderung mati dikarenakan kesalahan pada saat meletakan tanaman tersebut pada area yang seharusnya dihindari untuk ditanam tanaman jenis tertentu, beberapa pohon palem yang di beli dengan harga jutaan rupiah cenderung mendekati kematian dikarenakan kesalahan pada saat pengangkatan tanaman tersebut dari pusat nursery  tanaman hias ke area posisi lubang tanam.

Belum lagi kerugian dari sisi fungsi arsitektur bangunan, dimana komposisi tanaman pada sebuah tanaman tidak selaras dengan gaya bentuk arsitektur sebuah rumah, kadang malah komposisi tanaman menutup pandangan pada façade rumah dan kadang malah menutupi sudut pencahayaan pada jendela rumah serta membuat aliran udara tidak terdistribusi dengan baik kearah dalam rumah,dari sisi estetika dan fungsi komposisi taman tidak dapat memenuhi kebutuhan ruang bagi  pemilik dan pengguna taman tersebut dan tidak dapat mencerminkan kepribadian pemilik rumah maupun keselarasan  style bentuk arsitektur rumah.



Pada pembangunan sebuah taman peran seorang perancang taman ataupun kontraktor taman sangat menentukan kehidupan ekologi  dan keasrian dari taman tersebut di masa yang akan datang, bertumbuhnya jumlah peminat taman untuk memiliki sebuah taman pada rumahnya disambut dengan menjamurnya para kontraktor taman yang menawarkan jasa untuk melakukan pembangunan taman tersebut, hingga kadang ada kontraktor taman yang dengan sengaja memberi gratis harga jasa sebuah disain taman demi untuk mengejar minat para klien untuk menggunakan jasanya untuk melaksanakan pembangunan taman tersebut.

Padahal dalam arti sebenarnya tidak ada yang gratis dalam pembangunan sebuah taman, harga disain itu akan diambil kemudian dari sisipan harga setiap item biaya pekerjaan pelaksanaan taman dan biaya  pembelian elemen taman, Cuma bedanya jika diajukan didepan seakan membebankan klien tetapi jika diambil nanti pada pelaksanaan akan tidak terasa beban tersebut kadang ada kontraktor nakal yang dengan sengaja memilih tanaman hias yang sebenarnya sudah ada lama di nurserinya karena tidak laku untuk dijadikan komoditi material disain pada taman dengan bujukan mempengaruhi klien peminat taman dengan kalimat tanaman itu sedang ‘trend’ , tanaman tersebut seperti yang ditanam dirumah pejabat ‘anu’ atau cocok dengan bentuk arsitektur rumah klien padahal sebenarnya tidak , sehingga kontraktor tersebut dapat meraih keuntungan lebih dari harga jual tanaman tersebut.

Dilain sisi ada kontraktor taman yang sekedar tahu dan ahli dalam bidang tanaman dengan cepat mengklaim dirinya sebagai perencana/penata  taman demikian pula dengan para kolektor tanaman yang mempunyai sebuah lahan pembiakan tanaman ( nursery) dengan cepat juga mengklaim dirinya sebagai perencana taman yang profesional. Hal tersebut bukan tidak diperbolehkan, memang sah-sah saja untuk dan bagi setiap orang dapat membangun sebuah taman mulai dari peminat (hobbiest) tanaman hias , seorang kolektor tanaman hias hingga para pekerja pembangunan sebuah taman mengklaim bisa membuat taman. Akan tetapi tanggungjawab keberadaan sebuah situs taman dapat tumbuh bersanding dengan selaras dengan bentuk gaya arsitektur bangunan  dan selaras secara ekologis dengan lingkungan sekitar haruslah disertai dengan pendidikan akan pengetahuan serta wawasan dari pengalaman yang memakan waktu.

Keanekaragaman tingkah laku para kontraktor taman tersebut mewajibkan bagi para peminat taman untuk lebih teliti dalam menyeleksi para kontraktor yang akan di percayakan untuk merancang dan membangun taman miliknya sehingga dapat meminimalis kekecewaan estetika pada taman yang telah sudah terlanjur di bangun.

Beberapa tips ini dapat membantu anda dalam memilih kredibiltas seorang perancang atau kontraktor taman yang akan anda gunakan jasanya.

1.Siapakan outline dari keinginan dan kebutuhan anda tentang taman yang akan anda ingini.

Biasanya kontraktor taman atau perancang taman yang profesional telah menyiapkan draft pertanyaan dan melakukan wawancara terhadap anda untuk mengetahui segala keinginan dan kebutuhan anda terhadap taman yang akan dibangun.

Akan tetapi untuk lebih memudahkan anda dan memperpendek waktu wawancara ,Buatlah sebuah catatan pada sehelai kertas secara garis besar mengenai hal-hal yang menjadi pertimbangan anda :

  •  Bentuk dan Gaya taman yang diingini (sertai dengan gambar pada majalah atau buku referensi bentuk taman yang anda senangi )
  •  Dimana dan Bagaimana rupa dan gaya kolam air terjun yang diinginkan ?
  •  Apakah perlu sebuah gazebo sebagai ruang untuk santai keluarga atau area untuk tempat bar-b-que di area taman?
  • dimanakah letak titik air siraman pada taman karena hal ini berkaitan dengan panjang dari selang air siraman atau memungkinkan sistim penggunaan jaringan springkel?
  • Apakah perlu sebuah ornamen elemen seni atau fountain air mancur ?
  •  Apakah perlu sebuah kandang anjing atau kandang bagi binatang peliharaan lainnya?
  •  Perlukah sebuah jalan sirkulasi bagi tindakan pemeliharaan dan perawatan taman ? karena jika tidak dirancang kadang jejak langkah kaki pada setiap penyiraman tanaman akan mengeraskan tanah dan mematikan rumput yang tumbuh.?
  •  Warna bunga ataupun aroma dominan yang anda inginkan ada di taman?
  • Apakah perlu  tanaman khusus dengan varietas tanaman obat atau sayur?
  • Apakah perlu sebuah lokasi untuk tanaman koleksi anda?


2.Undang lebih dari satu kontraktor taman atau perancang taman terlebih dahulu untuk mempresentasikan karya-karya mereka sebelumnya.

Ada baiknya mengundang beberapa perancang taman dan  kontraktor taman untuk memberi kesempatan kepada mereka mempresentasikan karya-karya mereka yang telah dibangun.dengan tindakan ini anda dapat merekam cara kerja dan gaya disain mereka apakah sesuai dengan keinginan dan selera anda dan bisa melihat keahlian dan kemampuan mereka dalam pembuatan disain sebuah taman.
Anda dapat melakukan perbandingan terhadap cara pembayaran, cara pembuatan kontrak pelaksanaan dan tanggungjawab perusahaan kontraktor setelah taman tersebut selesai dibangun, kadang kontraktor akan hanya memberikan jaminan atau garansi tanaman itu tumbuh tetapi tidak akan garansi taman tersebut tumbuh sesuai dengan disain yang disetujui.

3.Lakukan ketelitian terhadap Portfolio mereka.

Jangan tertipu dengan bentuk penampilan bagus atau tidaknya sebuah portfolio akan tetapi teliti dengan isi dari portfolio tersebut.

·    Teliti portfolio para kontraktor taman atau seorang perancang taman, apakah betul setiap foto atau image yang ada disana merupakan hasil karya mereka,dikarenakan ada beberapa oknum kontraktor dengan sengaja menempelkan hasil karya orang lain. Dan lebih teliti mengamati latar belakang pendidikan ,pengalaman dan wawasan  setiap personil tenaga ahli  yang ada di portfolio tersebut.

·      Teliti dan konfirmasikan alamat kantor kontraktor taman atau perancang taman tersebut, karena hal ini berkaitan dengan uang yang akan diserahkan kepada mereka sebagai down payment.

Sebuah kontraktor taman tidak mutlak harus memiliki sebuah nursery tanaman, layaknya seperti kontraktor bangunan tidaklah mutlak dia memiliki pabrik genteng atau pabrik semen. karena biasanya kontraktor akan membeli tanaman pada pusat-pusat jual beli tanaman hias. Disinilah tanggungjawab kontraktor diuji dengan keahlian memilih tanaman yang sehat atau tidak , tanaman tersebut membawa hama rayap atau tidak dan tanggungjawab kontraktor tanaman dalam mengawasi pengangkutan tanaman dari tempat penjualan ke lokasi pembuatan taman.

4.Negosiasikan besaran fee jasa pelaksana

Anda berhak untuk menawar besaran harga/fee jasa pembuatan sebuah taman.

Sistim yang digunakan pada umumnya adalah sistim jasa fee dikalikan total nilai anggaran pembuatan taman. Biasanya para kontraktor taman akan mengajukan proposal pengajuan harga jasa keahlian disain sebesar 7.5 % hingga 10 % ditambah dengan jasa pelaksanaan pembangunan taman yang berkisar 7.5 %-10% .

Tinggi rendahnya besaran fee tergantung dari nilai total anggaran pembangunan sebuah taman dan kadangkala kontraktor ataupun perancang akan melihat faktor tingkat kesulitan disain rancangan taman tersebut.

Untuk kelas tertentu ada perancang taman yang tidak menggunakan sistim seperti diatas akan tetapi dari awal telah menetapkan secara flat besaran fee yang menjadi hak mereka dan menetapkan harga untuk sebagai supervisi pembangunan dan perawatan taman secara perjam kedatangan.

5.Konfirmasikan pertemuan selanjutnya.

Jika anda telah menetapkan kontraktor pembuat taman,maka segera hubungi mereka kembali


Dan minta untuk membuat kontrak pekerjaan serta prediksi harga total anggaran pembuatan taman, hal ini anda lakukan sebelum pembuatan gambar outline konsep taman dilaksanakan dan diperlihatkan kepada anda ,sehingga dengan demikian anda dapat menghindari rasa tidak enak atau jebakan harga jasa sebagai biaya kompensasi akan gambar konsep yang telah terlanjur dibuat, jika ternyata anda berubah pikiran untuk tidak segera membuat taman tersebut karena faktor biaya atau lainnya.

Sumber: Artikel penulis sudah di publish di majalah Garden
               Edisi no 45 Nov 2010

Label:

 
posted by John papilaya at 04.57 | Permalink |


0 Comments:


Posting Komentar

~ back home