Jumat, September 14, 2007
Bab 5 . Karier Arsitek lansekap
Kita harus dapat membawa diri kita terlibat dengan pekerjaan pembangunan dimulai dengan proses daripada MANAJEMEN TANAH sampai ke PEMBANGUNAN LAHAN .

Beberapa dari kita para arsitek lansekap harus menjadi POLITIKUS dan melayani masyarakat didalam perencanaan lokal dengan duduk dalam komisi-komisi pembangunan (dewan kota),yang lainya haruslah mendapatkan kualifikasi dan klarifikasi rangkap,Organisasi profesi haruslah dapat melakukan promosi bagi diri mereka dan menerangkan kelebihan daripada penggabungan 2 profesi.

Seperti bahasa Inggris yang menjadi BAHASA FAVORITE KEDUA di dunia ARSITEKTUR LANSEKAP haruslah dapat menjadikan dirinya juga sebagai pilihan Favorite dalam ruang lingkup Profesi.

Beberapa bentukan Lansekap terkait erat dengan Harapan Dan Impian untuk menjadi lebih berkualitas dan bermanfaat bagi manusia secara fisik dan psikologi, hal ini membutuhkan kekutan mental baja dan kuatnya motivasi untuk seorang Arsitek Lansekap dapat menghadapi segala resiko dan mencapai tujuan yang ditargetkan baik sebagai seorang karyawan maupun pemilik dari perushaan swasta.

Mari kita lihat ke 12(dua belas) alternative karir dibidang Arsitektur Lansekap.



1.LANDSCAPE DEVELOPER
Pengembang Lansekap

Dengan mempunyai kemampuan dalam bidang manajemen tanah dan manajemen perumahan adalah merupakan ‘bekal’ yang perlu untuk dapat menjadi seorang surveyor yang baik dan dapat membuat kita berkarier dalam bidang pembangunan perumahan.
Belajar tentang hukum property, penaksiran, perkembangan ekonomi dan subjek lainnya yang terkait ,belajar bagaimana untuk menentukan Bagian dari tapak dan bobotnya,
Seperti LANCELOT BROWN ,berkata”

Itu adalah kemampuan/kesanggupan memahami
• Bagaimana dari suatu tapak yang luas akan dipergunakan sebagai tempat berinteraksi dari bangunan
• Bagaimana dari suatu tapak yang akan dimanfaatkan sebagai area konservasi?
• Bagaimana Tapak dimiliki dan diatur?
• Bagaimana ekspansi kita yang maha besar itu, yang mana menciptakan akhir dari Kota ( edge cities) diseluruh dunia dapat diarahkan dan diatur?

Pembangunan yang besar akan membutuhkan visi dari disain lansekap di kombinasikan dengan imajinasi financial dari seorang surveyor, bukanlah merupakan suatu yang berat dari anggota profesi untuk memenuhi tujuan dan sasaran dari pembangunan dengan merumuskan strategi yang tepat dan mengenai sasaran.

“Sekali waktu anda adalah Binatang kecil dan sekali waktu anda adalah kaca depan”

Dan Akhirnya dapatlah kita melangkah masuk keruang penghargaan yang tidak terukur nilainya sebagai bagian dari kehidupan praktisi.

2.LANDSCAPE PLANNER
Perencana Lansekap

Perencanaan tapak yang buruk dapat terlihat indah jika disain estika dan pembangunan yang berjalan baik, tanpa harus termasuk kedalam kategori “good Landscape’ yang pasti hal itu sering terjadi pada lingkungan pemukiman / perkotaan yang baru.Karena pemilihan lokasi yang buruk, peletakan dari paving yang kecil dan tanaman yang dipilih karena kelalaian / keteledoran dan tidak menarik, jalur pejalan kaki dapat menjadi tanda dan akan terbangun dengan baik, tetapi jarang digunakan karena perencanaan yang luar biasa.
Didalam skala yang lebih besar, bangunan–bangunan didisain secara aneh / kontras, tidak berhubungan dengan thema ( citra kawasan ) lahan pertanian yang tidak cocok diatur disamping tanaman kayu.Disain hutan kota disetujui tetapi hasil perencanaan hutan tersebut jauh dari apa yang menjadi tujuan dan sasaran,suatu hal yang patut dikasihani

Semua masalah membutuhkan keahlian didalam perencanaan lansekap dan berkombinasi dengan perancangan lansekap

Agenda rapat evaluasi keterpaduan antara perancangan lansekap dan perencanaan lansekap harus dibangun kembali, Bila hal ini dapat menghasilkan satu kesepakatan maka hal ini dapat membantu mempercepat popularitas dimasyarakat akan kedua profesi tersebut.

"Anda tidak akan dapat menyodok Bola biliar dengan gagang gemetar"

Ada Arsitek lansekap telah terspesialisasi didalam area perkotaan , hal yang luar biasa jika perencana lansekap juga terspesialisai dalam bidang pertanian, kehutanan, das, mineral, Park, Transportasi, urbanisasi dan penggunaan fasilitas peruntukan yang lain.

Didalam abad ke 20,Keilmuan Arsitektur Lansekap mengalami perubahan drastis dengan dapat masuk dan berperan disetiap pekerjaan pembangunan. Dengan mengambil spesialisasi seorang Profesi Arsitek Lansekap akan dapat menambah dalam dan luas ruang keterlibatan pada setiap proyek pembangunan.

3.GREENWAY INITIATOR
Konsultan Jalur Hijau

Profesi Lansekap di ketemukan di Taman Pribadi dan masuk kekancah area masyarakat dengan bersandar pada taman-taman pemerintah ( public Area) , kemudian berubah menjadi profesi dengan penambahan keahlian didalam aspek estetika dan hortikultura disetiap pembangunan poyek.ini bukanlah suatu ide yang buruk tetapi kesuksesan yang hanya kurang maksimal.

Langkah selanjutnya adalah lebih memperhatikan aktivitas profesi di Ruang Lingkup dasar fasilitas peruntukan, salah satunya yang pasti adalah JALUR HIJAU.

Jalur hijau bisa didefinisikan ”sebuah rute” bagi manusia, binatang,air dan apapun yang sangat berguna dan merupakan bagian dari sudut pandangan lingkungan. Sebuah Kota haruslah mempersiapkan strategi tentang jalur hijau sebagai pengganti strategi ruang terbuka.
Individu Disainer Arsitek Lansekap dengan kemampuan pada kepemimpinan haruslah menjadi pengamat / kritikus proyek jalur hijau untuk mem-publikasikan pernyataan - pernyataan ke-bijaksanaan jalur hijau yang tidak sesuai dengan hakekat jalur hijau ditinjau dari sudut keilmuan Arsitektur Lansekap.

Lenyapkanlah sistem kasta anda-Anda Anda tidak mungkin dapat membangun regu kerja dari menara gading

Langkah pertama dalam perencanaan jalur hijau adalah:
• Identifikasi Proyek
• Merencanakan pertemuan masyarakat
• Bentuk komite
• Persiapkan outline rencana.
• Persiapan dana.

4.LANDSCAPE ASSESSOR
Penilai Lansekap

Penilaian kualitas lingkungan adalah ruang lingkup yang umum tetapi janganlah membuat kesalahan persepsi bahwa ini adalah dampak dari pembangunan proyek lansekap dimana sangat memperhatikan kondisi masyarakat umum

Seringkali Seorang Arsitek Lansekap merupakan professional dengan kualifikasi terbaik sebagai Koordinator tim penilai yang spesialis, seorang yang ada didalam hubungan antar visual, ekologi, udara, air, lalulintas dan dampak lainnya.

"Jadikan nepotisme sebagai keadaan jiwa-perlakukan setiap orang sebagai keluarga"

Dan Arsitek Lansekap lebih sanggup untuk mempersiapkan apa yang diketahui sebagai proposal peringatan (mitigation proposal) jika dinegara kita dikenal dengan nama AMDAL.

sebaiknya pilihan akan jatuh terhadap mereka mereka untuk mengetahui disain dampak lingkungan ( Enviromental Impact Design) EID Proposal.

Seorang penilai lansekap hendaklah juga menjadi anggota dari organisasi lingkungan dinegaranya masing-masing seperti WALHI di Indonesia.


5.LANDSCAPE ARCHITECT
Arsitek Lansekap

Telah dinyatakan untuk dapat memiliki kualifikasi rangkap didalam arsitek dan lansekap,hal ini disebabkan disain dan detil dari ruang disekitar bangunan butuh suatu hubungan dengan arsitektur.

Tambahan pula,pada era di masa depan dimungkinkan bangunan dengan atap tanaman (roof Garden) dengan tanaman-tanaman produktif akan menjadi kaidah dalam perencanaan suatu bangunan,maka diperlukan ke Ilmuan dengan kemampuan untuk me-realisasikan hal tersebut.
Bukan tidak mungkin dimasa depan,Sebuah Taman pribadi maupun publik akan terletak pada level atap dimana terdapat ketenangan jauh dari polusi suara, udara yang bersih dan mudah dalam pencapaian, indikasi akan hal ini telah terlihat pada sebagian hotel-hotel yang terletak di Jakarta, apalagi jika dilihat dari jumlah luas ruang hijau di Jakarta yang makin hari makin berkurang

Siapa yang akan mendisain ruang tersebut,Arsitek- KAH ?
Disainer Lansekap-KAH? Atau seorang dengan kualifikasi rangkap tersebut.?

“Setiap orang harus memiliki tanggung jawab untuk melampaui wewenangnya”

6.GARDEN DESIGNER
Penata Taman.

Taman adalah sesuatu yang dicintai, semua orang mengetahui tentang hal tersebut Dinegeri ini belum ada wadah atau organisasi yang dapat dijadikan tempat berkumpulnya para Peñata Taman ini. Di organisasi Profesi IALI seorang Peñata Taman tidak mendapatkan pengakuan dan tempat yang layak, hal ini disebabkan oleh persyaratan Gelar Akademis seseorang yang menjadi tolak ukur untuk dapat terdaftar sebagai anggota IALI,Penata taman masih hanya dipandang sekedar sebagai Hobbiest.hal ini sangat disayangkan.

Ada sebuah contoh kejadian di Inggris manakala The INSTITUT of Landscape architecture dibentuk banyak peñata taman bergabung dengan organisasi itu,tetapi kemudian mengundurkan diri karena mereka diberitahu bahwa perbuatan yang tidak pantas dan hina untuk mengambil keuntungan dari komisi tanaman dan materialnya.Dan Akhirnya Disain taman menjadi terpisah dari perancangan lansekap ini merupakan tindakan yang tidak menguntungkan, taman sangat menyenangi popularitas dan penciptaan, Disain taman merupakan salah satu bagian dari “ fine Arts” seorang dapat mempelajarinya dalam kursus atau sekolah-sekolah malam.

“Tak ada yang dapat lebih cepat membunuh barang yang jelek mutunya daripada sebuah iklan yang baik”

Untuk menjadi seorang yang ahli dengan pendidikan disain yang lengkap (diploma) ini dapat menjadi landasan dalam pekerjaan disain atau sebagai pekerjaan selaku manajer taman yang terkenal seperti Taman Monas,taman suropati,Taman Lembang Dll.

7.Landscape Contractor
Kontraktor Lansekap

Diperlukan seorang arsitek lansekap hendaknya mempunyai pengetahuan dengan keinginan kuat untuk menjadi seorang ‘gentleman’ daripada seorang ‘player’, mempunyai ’taste’ (selera), cara dan kebiasaan yang secara moral berkualitas karena aspek tersebut sangatlah perlu untuk dimiliki dalam usaha melakukan pekerjaan pengawasan (supervisi) pada pekerjaan pelaksanaan dilapangan yang rentan akan manupulasi bahan/material pembangunan .Ruang lingkup pekerjaan ini dapat menjadikan mereka lebih kaya secara ekonomi daripada tenaga-tenaga pengawas yang bekerja dibawah mereka.

“Mengejar Untung itu seperti membuat bayi : Jangan berupaya terlalu keras”

Pekerjaan Dilapangan membutuhkan kemampuan Manajemen proyek yang andal didalam usaha menerjemahkan gambar disain kedalam proses pelaksanaan konstruksi serta dapat metransferkan kemampuan tersebut kepada para pengawas-pengawas lapangannya, karena pada umunya para kontraktor lansekap di Indonesia masih mempunyai kelemahan didalam manajemen, penguasaan teknologi dan keterbatasan tenaga ahli dan trampil.

Ada 2 kualifikasi jabatan yang sangat menentukan keberhasilan tersebut yaitu MANAJER PROYEK dan PENGAWAS.

Kontraktor lansekap dapat mengambil komisi ( fee ) pelaksanaan sebesar 7-15% nilai Proyek dengan keuntungan bersih mencapai 2,5%.
Anda dapat melihat sendiri kontraktor lansekap dapat menjadi pekerjaan yang menyenangkan dengan hasil yang menguntungkan
Di Indonesia telah terbentuk wadah untuk para Kontraktor Lansekap yaitu AKLANI.

8.DESIGNER BUILDER
Pelaksana disain

Seorang Arsitek Lansekap yang bertindak sebagai pelaksana disain tidak begitu menyukai populeritas di bandingkan seorang Perancang/Disainer, mereka melihat hal tersebut akan menjadi kendala didalam efisiensi pengeluaran biaya didalam pelaksanaan pembangunan dalam hal pemotongan standar dan melakukan pengeluaran biaya yang tidak perlu dalam spesifikasi. Permasalahan didalam proses pekerjaan ini adalah seringkali pelaksanaan pembangunan suatu hasil karya disain dipimpin oleh seseorang yang tidak mempunyai kemampuan yang memadai dalam memahami teknik pelaksanaan dan penilaian estetika.
Sebagai pelaksana rancang bangun haruslah dipimpin oleh seorang perancang yang memahami pembiayaan dan tehnik konstruksi pada umumnya hal ini lebih mudah bagi seorang disainer belajar tentang pelaksanaan pembangunan daripada seorang kontraktor belajar tentang disain.

Saya berharap untuk melihat orang-orang yang memiliki kemampuan penilaian Rancangan menjadi pemimpin dari industri konstruksi, mereka dapat melakukan penawaran pada klien dengan produk yang baru pada tempat dan harga yang tepat.

“Langganan lama itu lebih menguntungkan daripada langganan baru, dan telponlah langganan sebelum mereka mencari anda”

Seorang dapat memulai pekerjaan rancang bangun dengan mendistribusikan selebaran untuk pemilik rumah dan lewat advertising diberbagai media.

9. PRODUCT DESIGN /MANUFACTURE
Disainer Produk /Pabrikasi

Pekerjaan pembuatan pabrikasi apa yang dinamakan produk Elemen Lansekap adalah suatu aktivitas yang menyenangkan dan penting, coba lihat area yang tidak berkualitas nyaman dan telah dirampas melalui perkerasan yang menakutkan dengan warna yang silau serta tekstur yang tidak sesuai.

Dari mata saya hanya beberapa produk perkerasan yang secara esetika berhasil, daya berpikir inilah akibat dari astribut produk itu tidak didisain dengan orang-orang yang mengerti bagaimana membuat ruang luar yang berkualitas.

Faktor penting lainya dapat dilihat dari tempat duduk diruang luar, lampu dan poduk lainya, seringkali disain itu diciptakan untuk sekedar menarik perhatian mereka saja Sebagai pengganti mereka membayarkan biaya visual sebagai kompensasi dari ruang luar yang luas dan lebar.

“Hanya Pasar yang akan memberitahu Anda kalau anda telah berhasil memperbesar kue anda dalam persaingan”

Seorang dapat memulai hasil pabrikasi ini dengan membuat beberapa contoh dan menjualnya kedalam pameran lokal atau melalui garden centre.

10.TOURISM PLANNER
Perencana Kawasan Pariwisata

Pariwisata dapat dikatakan sebagai industri terbesar didunia dan mengunjungi ruang-ruang luar dengan kualitas ruang yang nyaman dan seimbang, itulah salah satu dasar dan arti dari aktrasi liburan.

Ada beberapa aspek didalam bisnis yang mana perlu penilaian dari sisi pandang lansekap
1. Apa ruang lansekap yang menarik?.
2. Bagaimana kendala suatu ruang luar dapat dijadikan menarik?.
3. Bagaimana khayalah ramai yang selalu berkonsentrasi pada suatu tempat akan membaur
menyeluruh pada tapak?.
4. Dapatkah turisme Hijau (Ecotourism) akan menjadi kenyataan?.
5. Dimana resort-resort baru sebaiknya diletakkan?.
6. Bagaimana daerah pesisir pantai dapat dibangun untuk kawasan pariwisata yang berwawasan
pembangunan berkelanjutan?.

“Manakala keadaaan menjadi sulit, ingatlah bahwa menjaga asap dapur tetap ngebul dapat menjadi perekat untuk membangun kemampuan pribadi”

Harus dipikirkan kembali kerjasama antara Pemerintah (departemen pariwisata),Instansi Pendidikan dan Organisasi profesi mempublikasikan pendidikan dan pelatihan dimana dapat terjalin hubungan antar pemerintah, pendidikan dan peluang-peluang.

11.SALES PERSON
Penjual material

Dengan banyaknya jumlah produk yang luar biasa berbaris berjajar dari yang berlendir, barang tak berharga sampai kepada yang ternyaring.Itu adalah ruang lingkup seorang perancang menjadi terlibat didalam penjualan, didalam perdagangan kepada masyarakat.
Seorang Arsitek Lansekap dengan kepekaan dan instuisi jiwa berdagang dapat menetapkan sentuhan rasa dari kualitas material disain dan harga.
Karir ini dapat dimulai dengan pembelian beberapa produk dan menjual dari beberapa stand didalam pameran taman dan pameran pertanian lainnya. Telah disepakati ,mutlak tidak ada cara pengganti dari pengalaman langsung menjual kemasyarakat.

“Pemasaran itu menyangkut apa yang dibeli orang bukan apa yang anda jual”.

Jika perencana melatih dirinya di garden center (atau dipusat-pusat perdagangan perlengkapan Taman) maka kita dapat melihat improvisasi yang sangat luas didalam standar perancangan dan perencanaan lansekap di Indonesia.

12.Landscape Artist
Seniman Lansekap

Seniman yang sukses akan memiliki kehidupan yang layak, seniman yang tidak sukses akan kekurangan disudut-sudut tepi jalan demikianlah fenomena yang terjadi di Negara kita ini.

Di antara seniman yang melakukan pekerjaan pengajaran ada kesenangan dan memproduksi pekerjaan mereka diruang untuk mereka
Banyak yang bisa dinyatakan untuk kehidupan seniman, banyak yang masuk kedalam kursus atau perguruan Tinggi Arsitektur Lansekap karena mereka senang dengan segala hal yang berkaitan dengan seni, kemampuan seorang seniman sangatlah dibutuhkan pada saat proses presentasi agar suatu karya lansekap dapat berkomunikasi dengan bahasa yang dimengerti oleh khayalak ramai.
Terlebih pada era teknologi digital yang sedang melanda dunia saat ini kemampuan untuk menggambarkan dalam bentuk multi media 3 dimensional sangatlah berperan besar untuk dapat membuat pemahaman yang sama antara ‘designer’ dan ‘user’ dengan mampu memberikan gambaran secara visual rancangan yang akan dilaksanakan.Tetapi didalam lingkup menerima komisi seorang artist lansekap seorang harus dapat dapat menguraikan aksinya sebagai seorang ahli presentasi dari seni sehingga dapat terurai prosentase komisi yang harus diterimanya pada ruang lingkup pekerjaan disain

SENIMAN BUKANLAH TIPE SPESIAL DARI SESEORANG, SETIAP ORANG ADALAH TIPE SPESIAL DARI SENIMAN, Seorang dapat memproduksi pekerjaan seni presentasi lansekap pada perusahaan-perusahaan swasta maupun Negara.

” Belajarlah dari KODAK : rayakanlah saat-saat penting hidup mereka.”

Dari ke 12 Belas alternative pekerjaan tersebut diatas , Arsitek lansekap adalah gelar professional dan diproteksi oleh Undang-Undang dinegara RI ini,Telah terdaftar di ILO dan sekarang telah tersebar diseluruh dunia,tetapi timbul rasa pesimis apabila profesi ini dapat dimengerti dalam masyarakat ditinjau dari batu pondasi pasar bagi pelayanan jasa keprofesionalan.

Pemegang gelar profesi arsitek lansejap hendaknya memegang prinsip “Take A Landship” sebagai papan penunjuk bagaimana ruang lingkup profesi dan berperan dan menemukan dimana kemampuan dan ketrampilan didalam ilmu ini dapat didaya-gunakan.

12 alternatif pekerjaan diatas dan masih akan banyak lagi, cobalah berkeliling sehari dikota anda pati akan terlihat ruang lingkup yang luar biasa bagi perancang dan perencana lansekap

• Kanalisasi sungai perlu untuk ditata ulang
• Hutan kota butuh perancangan lansekap
• Banyak taman-taman kota perlu didisain ulang
• Jaringan transport yang bersahabat dengan alam perlu dibangun
• Tempat-tempat pemukiman setiap peruntukan dapat disustainable
• Pesisir pantai butuh perencanaaan
• Lansekap pertanian butuh pertimbangan-pertimbangan yang ahli
• Jalan-jalan bisa lebih manusiawi
• Ketenangan lalulintas merupakan aspek dari perencanaan lansekap kota
• Tapak memerlukan pengaturan tata letak yang baru dengan rencana persiapan yang kreatif.

Masihkah kita ragu bahwa seorang arsitek lansekap adalah profesi yang menjanjikan dan dapat menjadi landasan dalam memenuhi kebutuhan ekonomi di kehidupan sehari-hari.?

Memang masih banyak Arsitek Lansekap berkomentar sinis cara bagaimana untuk menemukan suatu pekerjaan yang dapat menjamin kesejahteraan ekonomi kehidupannya.

Marilah berimajinasi dan kreatif didalam menyingkapi ke 12 Pekerjaan tersebut diatas mungkin akan tercipta lagi alternatif-alternatif lain pekerjaan di bidang Arsitektur Lansekap.

“Sapi yang kenyang menghasilkan susu yang lebih baik.”


Label:

 
posted by JOHN F.PAPILAYA at 16.22 | Permalink |


1 Comments:


At 17.21, Anonymous inaw09

wah ternyata arsitek lanskap tidak hanya bisa berprofesi sbgai konsultan dan kontraktor saja.
Thx for information =)

saya jadi semakin yakin bahwa pilihan saya kuliah d jurusan ini tidak sia2.