Rabu, Februari 20, 2008
VERTICAL GARDEN: Reconciling City With Nature


N
ature is fantastic…!!!
Kemampuan tumbuh dan hidup pada tanaman sungguh menginspirasi seorang Patrick Blanc untuk menciptakan kreasi yang kreatif dengan berusaha menemukan sebuah system pertumbuhan dan menata taman pada dinding yang vertikal, selama ini kita mengenal taman yang tumbuh pada bidang yang datar seperti Taman Rumah,Taman Kota dan Roof Garden dan juga tanaman yang merambat pada dinding atau biasa terlihat pada sebuah pergola.

Taman Vertikal atau Vertical Garden dan kadang disebut Vertical Landscape merupakan hasil kreasi inovatif untuk menumbuhkan tanaman tanpa menggunakan tanah sebagai media pertumbuhan, dengan keberhasilan menemukan sistem pertumbuhan tersebut menyebabkan berkurangnya beban yang harus ditopang pada sebuah dinding sehingga memudahkan dalam penataan disain taman vertikal dalam skala dinding yang luas serta jalan keluar bagi pembuatan taman pada lokasi yang terbatas ketersedian lahannya.Artikel dapat dibaca di Inhabitat atau di TreeHugger






Sebenarnya Taman vertical bukanlah hal yang baru jika kita sering berjalan-jalan dan memasuki suatu wilayah yang alami di Indonesia,banyak terlihat ekpose Taman vertikal pada ngarai-ngarai atau pada dinding alam sebuah pengunungan.

Dari segi lingkungan taman vertikal ini merupakan sistim yang hidup untuk mengurangi kadar polusi pada sebuah ruangan atau sebuah wilayah dan dengan adanya keberadaan taman vertical pada satu area dapat menciptakan iklim mikro yang lebih menyejukan . hal ini dapat dilihat dari bagan berikut ini.



Tentu saja keindahan sebuah taman vertical kembali tergantung kepada imajinasi dan kreativitas para arsitek lansekap, pengetahuan tentang jenis tanaman dan pertumbuhannya sangat dibutuhkan dalam mendisain sebuah dinding yang kosong.
Dan kreasi taman vertical ini dapat dilakukan pada ruang luar (exterior) maupun ruang dalam (interior)
Beberapa image dibawah ini dapat memberikan gambaran tersebut

Tampak aplikasi Taman Vertikal pada Facade sebuah bangunan diruang luar dan interior sebuah bangunan

Pada skala perkotaan Taman vertikal dapat meningkatkan kualitas dari sebuah ruang dengan fungsi-fungsi tertentu dan membuat dinding masif yang penuh dengan konstruksi beton menjadi lebih hijau dan membuat mata menjadi sejuk.

Dan saya bertanya dalam hati,Apa tangggapan pemilik rumah kontrakan saya bila Dinding Rumahnya, saya bikin Taman Vertical….?

Minggat....!!!!




Label: , ,

 
posted by JOHN F.PAPILAYA at 14.43 | Permalink |


10 Comments:


At 18.36, Blogger OKYRA

kalo saya mas.....mau bangettt...hwehehe...

 

At 16.07, Blogger buds

mas john, Nama saya budi. saya punya teman trisakti namanya john juga tapi belakangnya patriono. Apa mas kenal? Saya pingin banget punya dinding vertikal garden. Daftarnya dimana ya?

 

At 19.38, Anonymous Sonny Gunawan

Mas John, saya memiliki sistim terbaru untuk membuat vertical garden atau greenwall, yaitu dengan sistim VGM (Vertical Greening Module). Sistim ini untuk pertama kali di Indonesia telah diaplikasikan di dinding sisi kolam renang hotel Mandarin Oriental Jakarta.

Apabila mas ingin mengetahui lebih jauh mengenai sistim yang saya pasarkan, silakan klik nama saya

 

At 22.54, Blogger Soendoro Soetanto

Wah... pengen juga punya vertical garden. Berapa seh biayanya per M2.

Soendoro Soetanto

 

At 17.29, Anonymous yakub

saya suka taman ini.... ditempat saya juga ada banyak taman2 yang dibuat dengan berbagai tema... taman2 sudah sebagian besar sdh jadi...bisa digunakan utk pre wedding.lokasi taman di jakarta barat,tapi maaf tdk digunakan untuk umum.kl ingin foto harus izin dahulu. bisa menjadi recomended b saat ini di tempat saya juga sdg membuat vertical garden. untuk gambar bisa lihat di http://puribotanical.blogspot.com/2010/07/taman-taman-di-puribotanical-residence.html tanks bos

 

At 22.59, Anonymous Arip hidayatullah

klau aj bisa saya terapkan di daerah saya tinggal, pasti udara kota yg sesak oleh debu dan asap bermotor bisa sejuk. aplagi bila di aplikasikan di dkat lampu merah tempat orang yg bosan menunggu detik dmi detik..

 

At 22.29, Blogger Rizky Nurrizal

taman vertikal solusi lahan hijau anda... mari kita hijaukan lingkungan kita..

yang berminat untuk pemasangan vega ( vertikal garden ) dengan ukuran berapa saja di area apa saja, bisa hubungi saya rizky ( 085710270996 ) pin ( 29d2df30 ) thanks

GOGREEN

 

At 16.41, Anonymous Anonim

upload by j.yudhist 085213197982

Solusi Pembangunan
Taman Dan Ruang Terbuka Hijau
Dengan Menggunakan
Lahan Yang Terbatas

Known Problem: Pembangunan Perumahan secara konvensional tidak effesien dalam segi waktu (time) dan jumlah (quantity) pembangunan. Terbatasnya lahan terbuka dapat menghambat kualitas lingkungan dalam pembangunan. Pembangunan pertamanan yang terbatas karena lahan perkotaan yang semakin sempit

Infrastruktur Pertamanan sangatlah penting sebagai sarana untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas lingkungan sekitarnya
Solusi:
Masalah masalah dalam mengatasi penghijauan di perkotaan dapat di-minimalisasikan dengan menggunakan Sistem Pembangunan Taman Vertikal
"Vertikal Garden"
Vertikal Garden adalah membangun taman tanpa menggunakan lahan dengan cara menggunakan media tanam yang di modifikasi secara tepat guna.
Di kerjakan secara comperehensif sehingga mempercepat dalam pemasangan / pembangunan, dan mempermudah dalam pengiriman.
Dapat dibuat secara massal (mass production) dimana kualitas tetap terjaga.
CONTACT PERSON
J. Yudhist : 085213197982


Bekerja sebagai designer untuk landscape dan pertamanan di PT GODONGIJO ASRI perusahaan yang menjadi pioneer dalam pembuatan vertikal garden di Indonesia berikut adalah referensi projek yang pernah dikerjakan:

1.Summarecon Mall Serpong, Banten

2.Hotel Stone , Bali

3.Fave Hotel Kemang, Jakarta

4.Park Lane Hotel, Jakarta

5.Grand Clarion Hotel, Makassar

6.Scientia Signage

7.Tugu Tani Street, Jakarta

 

At 23.25, Anonymous Vertical Garden

Saya tertarik dengan "Diagram Taman Vertikal" seperti pada gambar diatas.

Apakah ada tutorial yang bisa saya dapatkan yang dapat Anda rekomendasikan?

Mohon info.
Richard Daris