Rabu, November 07, 2007
NEW OPTION In landscape Design Software



P
erangkat komputer pada hari belakang ini telah menjadi alat baru bagi para Arsitek Lansekap dalam melakukan pekerjaannya,sebuah meja gambar berukuran A0 bermerk MUTOH yang dulu menjadi bagian tak terpisahkan dari sebuah ruangan biro Arsitek Lansekap telah tergantikan dengan seperangkat monitor LCD berukuran 17 inch dengan Hardisk penunjang serta hanya memerlukan sebuah meja disalah satu sudut ruangan,ringkas dan efisien.
Banyak program ‘software’ aplikasi komputer yang ditawarkan yang dapat membantu para praktisi dalam melakukan pekerjaan perencanaan maupun perancangan lansekap suatu tapak, membuat kerja penciptaan suatu ruang menjadi lebih mudah dan cepat.

Mungkin mudah untuk menyatakan hal tersebut diatas bagi yang telah terbiasa dengan perangkat komputer dalam kehidupannya sehari-hari,akan tetapi jika kita ingin meningkatkan produktifitas dan kualitas rancangan lansekap sambil mengendalikan biaya dan waktu sudah saatnya kita mulai memberdayakan diri dengan menggunakan perangkat digital komputer dalam melakukan pekerjaan perencanaan maupun perancangan arsitektur lansekap.



Pertanyaannya adalah Peralatan Digital bagaimana yang sanggup untuk memudahkan pekerjaan ini?


Harga murah mungkin merupakan pilihan yang dibutuhkan seorang arsitek lansekap yang bekerja untuk proyek-proyek dalam skala kecil seperti Taman Rumah dsbnya tetapi aplikasi yang lebih tinggi diperlukan untuk proyek-proyek skala perencanaan besar yang membutuhkan produk hasil yang ‘sophisticated’

Secara umum banyak biro Arsitek Lansekap didalam maupun diluar negeri mempergunakan program aplikasi/software AUTOcad , arcGIS ,LANDcad untuk membantu melakukan pekerjaan perencanaan maupun perancangan dan mempergunakan 3dMAX dan Photoshop maupun Vray sebagai alat untuk membuat presentasi visual karya menjadi lebih menarik dan mudah dipahami oleh orang awam.



Semua kembali kepada kesukaan dan minat para pemakai program aplikasi,seperti era dulu banyak pilihan merk antara Meja Gambar merk Mutoh atau Max ,Alat gambar Staedler atau Rotring,Perwarnaan rendering Pinsil Warna atau Marvy ,Demikian pula pada penggunaan aplikasi software kembali kepada minat para pemakai dan kemampuan daya beli.karena setiap perangkat software yang terpakai akan mempengaruhi juga kapasitas kerja dari perangkat CPU/Hardisk yang kita miliki dan otomatis mempengaruhi besar kecilnya dana yang harus disediakan.

Kami pribadi yang selalu bekerja dalam bidang perancangan lansekap (landscape design) mempergunakan 4 macam perangkat’software’ seperti Coreldraw 12 sebagai alat Bantu dalam proses penggambaran rancangan ,Sketchup pro 5 sebagai alat Bantu proses perancangan dan membuat gambar 3 dimernsi /sketsa ,Artlantis sebagai alat Bantu untuk memberi pewarnaan/rendering pada produk rancangan dan Photoshop 7 sebagai alat pemberian image akhir /finishing touch ditunjang dengan CPU berisikan processor Intel Pentium 4.kemudahan dalam mengoperasikan ‘tool’ dalam perangkat aplikasi ini yang membuat ke 4 perangkat ini telah menjadi bagian dalam setiap pekerjaan proses disain.Dilengkapi dengan sebuah kamera digital untuk kepentingan mengkoleksi data image maupun keperluan survey lapangan dan sebuah wizardpen 5x4 dari genius membuat pekerjaan menjadi lebih mudah daripada harus mempergunakan mouse.


Sebuah aplikasi anyar program/graphis software telah dikeluarkan oleh Google yaitu SketchUP Dengan brandimage the last software, google menjamin kemudahan dan keefisienan mempergunakan aplikasi ini dalam proses perencanaan maupun perancangan arsitektur lansekap ( Reviews from Landscape Architecture Magazine June 2006). Kelengkapan library yang terdapat dalam aplikasi ini membuat pekerjaan merancang lansekap dengan bantuan computer menjadi lebih gampang,mulai dari pembuatan denah,potongan,tampak mapun penampilan 3 dimensi sebuah hasil rancangan.Program ini juga dapat menerima produk hasil Autocad (format DWG) dsbnya.
SketchUp Pro imports a variety of file formats, including:

* Shape files, feature classes, orthophotos, and TINS
* CAD data - DXF and DWG
* 3DS files
* Digital Elevation Models - DEM and SDTS
* Raster data - digital photos, JPG, TIFF, PNG, etc.


SketchUp Pro exports to variety of file formats, including:

* ArcGIS as either multipatch or 3D symbology
* CAD packages
* Rendering packages
* Presentation packages



Dan masih banyak program aplikasi graphis / Graphic software yang dapat membantu para praktisi arsitektur lansekap bekerja dibawah ini ada beberapa program yang dapat dilihat dan diinstall versi trial nya alias gratis.

• 3D garden Composer,www.gardencomposer.com
• Burpee 3D Garden Designer & Plant Enclyopedia and Growlt,www.wildchicken.com
• DynaSCAPE,www.gardengraphics.com
• Landmark,www.nemetschek.net/landmarks
• Landscape Architects’s Design Group,www.LADG.com
• Landscape & Irrigation Design Solution,www.eaglepoint.com/landscape
• O2 Planning+design Inc,www.o2design.com
• PlantARE,www.plantare.com
• PRO Landscape,www.drafix.com
• Punch!Master Landscape Pro and Home Design,www.punchsoftware.com
• Total 3D landscape deluxe,3D home Landscape designer, and 3D home Landscape Design Deluxe,www.broderbund.com
• Sketchup,www.sketchup.com


Untuk meningkatkan daya saing dalam kehidupan berpraktisi di bidang Arsitektur Lansekap sudah saatnya kita mencoba beralih mempergunakan peralatan aplikasi grafis komputer dan membiasakan diri berkecimpung dalam dunia digital.penggunaan peralatan computer tidaklah sesulit seperti yang dibayangkan hanya perlu ketekunan dan keinginan untuk dapat lebih maju dari hari kemarin.

Itu sudah !




Label:

 
posted by JOHN F.PAPILAYA at 18.30 | Permalink |


5 Comments:


At 17.00, Blogger taman ary gasebo

halo bang,namaku ary dari makassar sy kdng ngerjain taman kolam dan mempunyi sebuah nursery,tp pengetahuan km masih sangat terbats krn 1 tdk ada tempat blajar scr formal 2.km menganggap landscaper itu cm petani artinya masa dpn ndak bisa diandalkan krn km tak tahu sejauh mana perkembangan landscape itu,tp setelah sy membaca webs ini sy bagaikan bangun dr mimpi ternyata sangat hebat dan menantang dunia landscape ini,pdhal sy sdh lbh 10th didunia ini.website bpk ini sangat istimewa 100% thank you.bs ngak abang ngasih sy alamat tempat bisa belajar desaign landscape secara online?

 

At 18.51, Anonymous johnf.papilaya

halo juga ary dari makasar,thanks udah mampir yah.memang ilmu arsitek lansekap sangat menantang untuk di eksplore.alamat untuk belajar design landscape secara online ?saya pernah tuh browsing nemuin situsnya,ntar kalo ketemu saya up date deh.semoga tetap berkarya ary.

 

At 12.55, Blogger faridsunarto

hallo bang... saya farid sunarto... saya sudah lama menggeluti dunia vegetasi tanaman hias... bahkan dokumentasi tanaman hias wilayah jawa timur - jawa tengah - jawa barat, saya punya lengkap. Berangkat dari obyek lapangan, kemudian saya determinasi varietas/jenisnya. Saya mengandalkan insting untuk mengembangkan varietas tanaman yang tahan kering, punya adaptasi lingkungan yang baik, berdaun indah dan berbunga indah.
Nah... dalam perkembangannya banyak yang meminta saya untuk mengerjakan taman kota dan mall mall. Untuk itu saya ingin sekali menguasai program perencanaan komputer yang menghasilkan 3D.
Ironisnya belum ada yang bisa memenuhi harapan saya. karena biasanya mereka yang bisa menguasai software tapi tidak menguasai material lapangan.
mohon petunjuk

 

At 12.57, Blogger faridsunarto

oh yah... boleh minta tukar no hp....

no hp saya 08121518463

 

At 12.40, Blogger Weda Aksara

Hallo bang...sya weda dari bali, sya pingin sofwarenya....dijual yaa, berapa harganya yaa?? Trimakasih banyak...