Kamis, Desember 04, 2008
GREAT DESIGN TAKES TIME (and a little Secret Garden song )



when design speaks from the heart and communicates to the soul the results are MAGIC…!!! 
( Ilze jones)





Kemampuan untuk merancang sebuah ruang luar merupakan sebuah keahlian yang cukup sukar untuk di ajarkan,akan tetapi jika kemampuan dan keahlian merancang suatu hamparan lansekap telah dimiliki bukan tidak mungkin hal tersebut dapat di gunakan untuk menghasilkan sebuah hasil disain ruang lansekap yang luar biasa.
Hasil disain sebuah ruang luar/tapak lansekap yang baik dapat tercipta berkat bakat dengan sedikit waktu dan interprestasi ruang yang tepat, akan tetapi untuk sebuah hasil disain yang luar biasa..?semua itu belumlah cukup. 

Proses sebuah perencanaan tapak lansekap sangat membutuhkan rasa cinta.
Kita semua manusia berbakat dan mempunyai kelebihan masing-masing.Siapa yang tidak akan berusaha keras untuk dapat merancang sebuah tapak lansekap ?.


Dengan beberapa kali melakukan layout disain lansekap yang termasuk didalamnya proses survey, analisa tapak, kritikan dari rekan-rekan praktisi hingga kepelaksanaan perancangan serta kerja sedikit imajinasi dan perenungan kreatif, kita dapat secara cepat masuk kedalam pola proses perancangan yang rutin kadang kita lakukan.

Ruang sudah terbentuk, material lansekap telah tersusun dan komposisi warna sudah harmonis , maka terciptalah sebuah disain yang cantik.berkat pengalaman semua itu selesai dalam waktu cepat.Semua itu tidak merupakan sesuatu hal yang buruk tapi kadang kita terlalu terburu-buru untuk mencetak hasil rancangan dan bersiap memprersentasikan kehadapan klien sebelum rancangan cantik itu menjadi sebuah hasil rancangan yang LUARBIASA

Berdasarkan pengalaman, sering saya terburu-buru membawa beberapa kali hasil sebuah layout konsep kehadapan klien untuk proses asistensi,saya merasa puas dengan apa yang sudah jadi , dengan membuat berapa alternative disain saya mem presentasikan hasil rancangan lansekap tersebut kehadapan klien
Hasilnya: 
Klien sering menghadapi kendala untuk mengerti konsep yang tertuang dalam rancangan tersebut bahkan kadang bingung terhadap apa yang mereka inginkan dan seharusnya dapat tertuang dalam tapak tapi konsep disain yang saya presentasikan tidak berhasil memenuhi keinginan tersebut.

Ouch, it’s hurt.......

Suatu tak terduga, Ini bukan pertama kalinya seorang klien tidak menyukai hasil goresan konsep rancangan yang telah saya buat, sesuatu yang terburu-buru dan terlihat cantik belum tentu menjadi sebuah hasil rancangan diinginkan. Dan saya sendiri menyadari serta mengetahui bahwa konsep itu bukanlah hasil kemampuan terbaik yang saya miliki.

Sebuah solusi disain kadang telah terpikirkan oleh klien sama seperti apa yang ada di benak saya tapi mereka mempunyai kendala untuk menyampaikannya, mereka kadang menginginkan sebuah konsep ruang lansekap yang tropis tapi saya tidak hanya menyajikan dalam sebuah konsep lansekap tropis yang alami melainkan sebuah konsep ruang lansekap tropis yang radikal.sama tapi tidak serupa.

Maka untuk selanjutnya….Kembali ke laptop untuk melakukan revisi konsep ruang lansekap tersebut.

Cuma kali ini proses penuangan ide tidak saya lakukan dengan terburu-buru ,kita harus dapat meng-investasikan waktu dan rasa cinta pada proses perancangan sebuah konsep ruang lansekap dan memberikan kepada gambar tersebut sebuah ucapan “ I LOVE YOU MORE THAN ANYTHING”

Dan untuk membuat saya tidak terlupa akan elemen-elemen material didalam perancangan lansekap sebuah tapak perlu di iringi alunan musik ‘Secret Garden’ pada setiap goresan tangan.karena setiap benda akan dapat di modifikasi dan dirancang bagaikan sebuah benda yang cantik di muka bumi.

Bentukan ruang dapat menjadi lebih intim dan akomodatif, Komposisi warna akan dapat menjadi lebih tajam dan harmonis , latar belakang dapat menjadi lebih kontras serta segala material lansekap seakan beraroma dan beberapa elemen material lansekap dapat menjadi ‘stimulant’ bagi klien dalam meng-apresiasi ruang pada tapak. 

Dengan melakukan hal itu akan merubah sebuah konsep ruang lansekap yang BAIK menjadi LEBIH LUARBIASA
Dan bagian yang paling menarik,tidak ada batasan yang baru bagi kita untuk melakukan perubahan sebuah tapak menjadi ruang yang luarbiasa. 

Think outside the box! Do something fun, funky, freaked, fly, foolish or frunk.

Always remember
GREAT DESIGN TAKES TIME….!!!!
 
posted by JOHN F.PAPILAYA at 01.32 | Permalink |


1 Comments:


At 18.51, Blogger renoz

se-7...saya sendiri pernah mengalami hal yang sama..bedanya karna saya memang harus belajar lebih banyak lagi..boleh belajar sama mas ari? thks