Senin, Juni 08, 2009
Situs www.Indonesian landscape architect.com melaju kencang..!!!
H
ari kemaren, Jumat 5 Juni 2009, bertempat di Lotus Room , Gedung Jakarta Design Center ,Slipi-Jakarta .Lembaga Organisasi profesi Ikatan Arsitek Lansekap Indonesia (IALI) cabang Jakarta berkerjasama dengan Komunitas Arsitek Lansekap (sebuah lembaga independen) meluncurkan web site www.indonesianlandscapearchitect.com

Meriahnya acara peluncuran situs web ini dihadiri oleh banyak praktisi arsitek lansekap maupun pratiksi dari cabang ilmu teknik lainnya serta dari beberapa media cetak, suatu tanda akan kerinduan sebuah media informasi yang dapat sebagai wadah untuk melepaskan dahaga akan keringnya informasi mengenai sepak terjang para arsitek lansekap dan segala informasi mengenai teknologi bidang arsitektur lansekap di Indonesia.

Situs web ini sebuah media online yang dibangun untuk menghimpun dan mempublikasikan berbagai informasi, berita, kesaksian, komentar konstruktif, bedah buku , mengenai bidang arsitektur lansekap serta perkembangannya di Indonesia maupun di Dunia. Suatu situs yang di bangun dengan semangat juang yang tinggi dari para arsitek lansekap muda yang kreatif yang berperan membangun situs tentang segala sesuatu mengenai bidang disiplin ilmu arsitektur lansekap sehingga mudah diakses tanpa batas waktu, ruang dan jarak.




Menurut keterangan dari ketua dewan pengurus IALI cab.Jakarta, Ir.Bagus Tatang Dewantoro IALI menyatakan bahwa situs ini lebih menekan kepada indenpendensi pengelolaannya dan terfokus untuk meningkatkan situs sebagai pusat media dan informasi bidang arsitektur lansekap maupun kreatifitas para praktisi arsitektur lansekap dalam berkarya, sehingga di harapkan dapat meningkatkan kesadaran para arsitek lansekap untuk aktif dan bersemangat untuk berpraktisi dan menyumbangkan tenaga maupun pemikirannya demi semakin berperan secara aktif dan inovatif bidang arsitektur lansekap dalam implikasinya untuk masyarakat.

Latarbelakang
Peribahasa dahulu kala berbunyi: “Tidak kenal tidak disayang, semakin kenal semakin disayang.” Oleh karena itu situs ini juga berfungsi sebagai media komunikasi, media persahabatan, media silaturahmi. Media mempererat persatuan dan kesatuan para praktisi arsitek lansekap di Indonesia pada khususnya. Sarana bagi para praktisi arsitektur lansekap untuk ‘menyapa’ khalayak dengan lebih membuka diri (profil dan berbagai pandangannya). Sekaligus sarana bagi masyarakat untuk lebih cepat mengenal sosok, pemikiran, bidang kearsitektural lansekap. Sehingga khalayak ramai bisa mengapresiasi dengan tepat ruang lingkup peran dan fungsi seorang arsitek lansekap.

selain itu, situs ini diharapkan berguna tidak hanya untuk generasi saat ini tetapi juga untuk generasi-generasi yang akan datang. Sehingga situs ini diharapkan akan terus dikembangkan menjadi “database online” tentang segala informasi perkembangan, potensi dan kendala bidang arsitektur lansekap di Indonesia..

Jurnalisme Independen
Dan sudah barang tentu sebagai lembaga yang independen diharapkan situs www.indonesianlandscapearchitect.com ini dapat diasuh oleh para jurnalis yang berpikir positif dan menganut prinsip ‘sesuatu yang baik adalah berita baik.’yang lebih menggali dan mengedepankan kebaikan daripada keburukan, kebenaran daripada kesalahan, keberhasilan daripada kegagalan. Jurnalisme kebaikan tanpa kebencian dan dendam.
Jurnalisme pembelajaran yang mengedepankan nilai-nilai edukatif dan jurnalisme independen yang menghargai perbedaan pendapat dan kritik konstruktif ,Jurnalisme kebangsaan tanpa determinasi agama, suku dan golongan.

Sebuah situs www.indonesianlandscapearchitect.com bukan hanya dilahirkan untuk kemudian menjadi bonsai saja tapi sebuah situs hendaklah tetap selalu up-date dengan segala informasi,dia akan hidup dengan makanan maupun minuman informasi – informasi yang aktual situs yang masih kecambah ini cepat atau lambat akan semakin dewasa dan akan melaju kencang berlari mengejar segala ketinggalannya dari situs-situs arsitektur lansekap yang lainnya dari berbagai organisasi profesi di dunia.dan sudah barang tentu peran para praktisi arsitek lansekap di Indonesia sangat akan membantu bila peran aktif dalam memberikan segala informasi-informasi terbaru.

Bagaikan sebuah gambaran puzle, organisasi profesi IALI cab.jakarta dengan segala kekurangannya ingin menghimpun segala masukan maupun pemikiran tentang potensi dan kendala ruang lingkup arsitektur lansekap di Indonesia dari segala para praktisi arsitektur lansekap pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.
Diharapkan bagian-bagian puzle ide kreatif dan inovatif maupun pemikiran cerdas tersebut yang masih tersembunyi diberbagai tempat dan kelompok ini akan merekatkan diri pada gambaran puzzle dan akan semakin memperjelas akan keberadaan peran dan fungsi arsitek lansekap serta akan memperkaya khasanah keilmuan arsitektur lansekap.

Kelengkapan sebuah gambar puzle memerlukan kesabaran, ketekunan serta ketelitian yang terfokus, dengan motivasi serta komitmen yang teguh pasti suatu saat nanti gambar tersebut akan terpampang dengan jelas.dan sudah barang tentu gambaran tersebut akan berguna bagi semua para praktisi arsitek lansekap.

Bravo bagi pengurus IALI cabang JAKARTA.
Kita nantikan ’suprise ’ yang menarik selanjutnya..!!
Jayalah Arsitek Lansekap Indonesia...!!!!







 
posted by JOHN F.PAPILAYA at 18.27 | Permalink |


0 Comments: